Kamis, 20 November 2014

Alam & Lingkungan Dunia saat Ini?

Ratusan, ribuan, bahkan jutaan tahun yang lalu, saat bumi, alam, lingkungan, serta populasi berbagai macam makhluk hidup sebagai penghuni alam masih terdapat keselarasan dan keseimbangan, saat masih terdapat timbal balik ekosistem yang saling menguntungkan, bumi yang saat itu keadaannya “sehat”, tidak membutuhkan bantuan dan campur tangan manusia untuk menjaga dan merawat dirinya. Kerusakan yang sesekali terjadi di alam, alam sendiri mampu memperbaiki dengan sendirinya.

Namun keadaan sekarang, terjadi ketidakselarasan dan ketidakseimbangan antara alam dan pertumbuhan populasi berbagai kehidupan, khususnya manusia sebagai konsumen utama berbagai kekayaan, sumberdaya, dan energi dari alam.

Keramahan dan kepedulian manusia terhadap kelestarian lingkungan kini sangat dibutuhkan oleh alam. Manusia kini tidak lagi hanya dituntut untuk menjaga alam, namun harus berupaya untuk memperbaiki berbagai kerusakan yang terjadi di alam.

Kerusakan alam saat ini telah melampaui batas kemampuan alam dalam memperbaiki dirinya sendiri, turut serta dan campur tangan manusia akan sangat berperan dan sangat dibutuhkan oleh alam untuk memperbaiki dirinya, untuk mengembalikan keseimbanganya, untuk mengembalikan fungsi ekosistem sebagaimana mestinya.

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”. (Tarjamah QS. Ar-Rum: 41).

Ketersediaan sumberdaya dan energi alam global kini juga semakin menipis, dibutuhkan langkah-langkah dan tindakan-tindakan bijak dari manusia untuk kelestarian alam serta keberlanjutannya hingga di masa mendatang.

Hemat energi, hemat dalam menggunakan listrik, air, bahan bakar fosil (BBM), tidak membuang sampah sembarangan, serta menyayangi dan merawat setiap pohon yang ada di sekitar kita, adalah contoh tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk turut berperan serta dalam menjaga dan merawat alam dan lingkungan kita, untuk memastikan keberlanjutan kelestarian alam dan lingkungan kita di masa yang akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar