Kamis, 02 Maret 2017

Ayo Berkunjung ke Perpustakaan Umum!

Sebagai pembelajar, membaca, kususnya membaca buku, tentu menjadi sebuah kebutuhan yang wajib terpenuhi. Selain membeli sendiri buku-buku yang ingin kita baca, perpustakaan umum menjadi tempat faforit yang dapat kita manfaatkan untuk membaca dan belajar.

Perpustakaan umum menjadi alternatif sebagai tempat faforit yang dapat kita kunjungi untuk membaca dan belajar secara mandiri dan tanpa batas. Di perpustakaan umum kita dapat membaca dan meminjam buku-buku secara gratis. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengunjungi perpustakaan umum, diantaranya misalnya;

  • Untuk pelajar atau mahasiswa yang sedang melakukan studi, ada banyak literatur dan referensi yang dapat kita manfaatkan secara gratis disana.
  • Untuk kita yang sudah bekerja ataupun masyarakat umum, disana kita dapat membaca banyak buku-buku untuk mengembangkan diri dan wawasan pribadi.
  • Untuk para pebisnis atau entrepreneur, ada banyak sekali buku-buku yang dapat kita jadikan bahan kajian untuk mengembangkan bisnis yang sedang kita jalankan. Banyak sekali buku-buku yang dapat mempertemukan kita dengan informasi-informasi baru yang dapat membangkitkan gairah dan semangat kita dalam mengembangkan usaha atau bisnis dengan ide-ide segar yang kita temukan melalui membaca buku. Serta masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

Kebiasaan membaca dan berkunjung ke perpustakaan umum sangat bermanfaat bagi kita baik untuk studi maupun untuk keperluan pekerjaan. Dengan kebiasaan dan kegemaran membaca serta berkunjung ke perpustakaan umum, kita akan tetap mempunyai motivasi diri untuk tetap belajar meski dalam berbagai keadaan. Dengan kebiasaan dan kegemaran membaca serta berkunjung ke perrpustakaan umum, insya Allah, akan menjadikan kita pribadi-pribadi pembelajar yang aktif meski dalam berbagai keterbatasan.

Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang didirikan dan dibiayai oleh pemerintah ataupun swasta dan diperuntukkan bagi masyarakat umum secara luas atau bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan dan menggunakannya. Perpustakaan umum didirikan bertujuan untuk melayani masyarakat luas secara gratis.

Kita tidak perlu khawatir karena setiap kota atau provinsi pasti memiliki perpustakaan umum. Mulai perpustakaan umum yang dikelola oleh pemerintah daerah/provinsi, perpustakaan umum kota/kabupaten, hingga perpustakaan umum yang dikelola oleh kecamatan dan desa-desa. Silahkan tanyakan kepada warga masyarakat atau aparat pemerintah setempat untuk mengetahui keberadaan dan alamat perpustakaan-perpustakaan umum di daerah tempat kita berada.

Secara umum, di Indonesia dikenal beberapa macam bentuk perpustakaan umum, diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Perpustakaan dan Kearsipan Daerah/Provinsi,
  • Perpustakaan Umum Kota/Kabupaten,
  • Perpustakaan Umum Kecamatan, dan
  • Perpustakaan Umum Desa & Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu sebagai berikut;


Perpustakaan dan Kearsipan Daerah/Provinsi

Salah satu bentuk perpustakaan umum adalah Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Perpustakaan dan Kearsipan Daerah adalah salah satu bentuk perpustakaan umum yang dikelola oleh pemerintah daerah/provinsi melalui Kantor atau Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah. Kita dapat menemui dan megunjungi Perpustakaan dan Kearsipan Daerah ini di provinsi-provinsi di seluruh Indonesia.

Berikut adalah daftar alamat Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah di provinsi-provinsi di seluruh Indonesia yang dapat kita kunjungi: Daftar Alamat Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah di Seluruh Indonesia.



Perpustakaan Umum Kota/Kabupaten

Perpustakaan Umum Kota/Kabupateen adalah perpustakaan umum yang keberadaan dan layananya menjangkau wilayah kota/kabupaten dan dikelola oleh pemerintah kota/kabupaten. Kita dapat dengan mudah menemui dan megunjungi Perpustakaan Umum Kota/Kabupaten ini di kota/kabupaten tempat kita tinggal karena keberadaan Perpustakaan Umum Kota/Kabupaten ini cukup populer dan hampir semua kota/kabupaten di Indonesia biasanya mempunya Perpustakaan Umum Kota/Kabupaten.


Perpustakaan Umum Kecamatan

Di beberapa kota biasanya juga terdapat Perpustakaan Umum Kecamatan, yaitu salah satu perpustakaan umum yang keberadaan dan layanannya mencakup di wilayah kecamatan. Keberadaan Perpustakaan Umum Kecamatan memang tidak sebanyak dan sepopuler Perpustakaan Umum Kota/ Kabupaten.


Perpustakaan Umum Desa & Taman Bacaan Msyarakat

Bentuk perpustakaan umum yang terakhir adalah Perpustakaan Umum Desa & Taman Bacaan Masyarakat (TBM), yaitu perpustakaan umum yang biasanya dikelola oleh swadaya masyarakat atau perpustakaan yang dimiliki atau dikelola oleh suatu lembaga swadaya masyarakat (LSM) tertentu atau perorangan yang diperuntukkan bagi masyarakat desa secara umum. Perpustakaan Umum Desa dan Taman Bacaan Masyarakat ini biasanya berukuran relatif kecil dan sederhana namun keberadaannya cukup banyak dan menyebar hingga di kampung-kampung dan desa-desa.

Silahkan, Sahabat! Kunjungi perpustakaan-perpustakaan umum yang ada disekitar kita, terutama perpustakaan-perpustakaan umum yang dikelola oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi atau kota. Pemerintah mengalokasikan anggaran kusus untuk perpustakaan umum sehingga dapat melayani masyarakat secara luas dan secara gratis, oleh sebab itu, ayo, Sahabat, manfaatkan keberadaan perpustakaan-perpustakaan umum tersebut dengan sebaik-baiknya! Ayo berkunjung ke perpustakaan umum!

  • Foto: Penulis dan Kawan-Kawan di depan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur.




Baca artikel lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar